Pengunjung

Keikhlasan Dalam Beribadah

Diposkan oleh Fahni Muhammad On 10.32

“KEIKHLASAN DALAM BERIBADAH”

C. URAIAN MATERI :

Bacalah ayat-ayat dibawah ini dengan tartil perhatikan tajwid dan kefasihanmu lakukan selama 5 - 10 menit sebelum memulai pelajaran agama islam.

a. Surat Al-An’am 162 - 163 tentang keikhlasan dalam beribadah.

Bacaan surat Al An’am 162 -163 :

Artinya : ”Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)."

Penyerahan diri kepada Allah sesuai dengan Surat Al An’am 162 – 163 merupakan komitmen manusia dengan Allah swt, yang merupakan pernyataan sikap baik hidup maupun mati semata-mata hanya mencari keridloan Allah, dan sepenuhnya harus berserah diri kepadaNya. Menyerahkan hidup dan mati kepada Allah swt, Selama hayat dikandung badan ia akan menghambakan diri kepada Allah swt, dengan jalan mentaati segala perntahnya dan menjahui larangannya.
Larangan menyekutukan Allah ,  misalnya mempercayai  benda-benda pusakan sebagai  penolak segala musibah, atau memberi kekuatan bagi pemiliknya, mempercayai ramalan bintang, menyembah berhala, mempercayai dukun yang bias merubah nasib manusia dll. Perbuatan syirik itu merupakan dosa besar yang paling berat sehingga pelakunya tidak akan memperoleh ampunan dari Allah swt.
( Lihat QS AN nisa’ ayat 48, dan AL Maidah ayat 72 )

Allah swt. Memerintahkan agar setiap muslim muslimah berkeyakinan bahwa sholatnya, ibadahnya hidup dan matinya semata-mata hanya untuk Allah swt. Tuhan pencipta alam semesta, Yang Maha Esa, Yang tidak ada sekutu baginya.Setiap muslim hendaknya berserah diri kepada Allah swt. Dengan dilandasi niat ikhlas.

a. Surat Al-Bayyinah ayat 5  tentang keikhlasan dalam beribadah.

Bacalah ayat-ayat dibawah ini dengan tartil perhatikan tajwid dan kefasihanmu lakukan selama 5 menit .

Artinya: Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus. (Q.S. Al- Bayyinah:5).

            Perintah untuk beribadah kepada Allah dengan ikhlas dan mentaati agama Allah dengan lurus, yaitu tidak bercampur dengan riya’ bid’ah dan syirik. Jika kalian melakukan ibadah seperti sholat puasa, zakat, membaca Al Qur’an, dll hanya karena Allah maka berarti kalian ikhlas , namun sebaliknya jika melakukan sesuatu dengan mengharap pujian berarti kalian riya’ dan amal akan sia-sia . Begitu juga jika dalam melakukan ibadah tujuan pikiran dan konsentrasi bukan karena Allah berarti anda telah berbuat syirik.
Niat ikhlas hanya karena Allah, niat adalah dorongan yang tumbuh dalam hati manusia untuk melaksanakan alam perbuatan tertentu, sedangkan ikhlas berarti murni suci atau bersih. Dalam mengamalkan setiap ajaran Islam hendaknya dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah swt, maksudnya dengan kesadaran semata-mata hnaya mentaati perintahnya dan untuk memperoleh ridloNya.
Melandasi pengamalan setia[ ajaran islam ( ibadah dan amal sholeh ) dengan niat ikhlas karena Allah swt. Wajib hukumya. Hal itu karena perbuatan ibadah dan amal soleh jika tidak dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah tidak akan diterima Allah swt.
Allah swt  memerintahkan agar dalam meyakini kebenaran islam dan mengamalkan seluruh ajarannya dilandasi dengan niat ihlas karena Allah swt  semata dan untuk memperoleh ridlonya.

D. RANGKUMAN MATERI

1.    QS Al An’am 162 – 163 menjelaskan bahwa Allah swt. Memerintahkan agar setiap muslim muslimah berkeyakinan bahwa sholatnya, ibadahnya hidup dan matinya semata-mata hanya untuk Allah swt.T
2.    Allah swt. pencipta alam semesta, Yang Maha Esa, Yang tidak ada sekutu baginya.Setiap muslim hendaknya berserah diri kepada Allah swt. Dengan dilandasi niat ikhlas.
3.    QS al Bayyinah ayat 5 menjelaskan bahwa Allah swt  memerintahkan agar dalam meyakini kebenaran islam dan mengamalkan seluruh ajarannya dilandasi dengan niat ihlas karena Allah swt  semata dan untuk memperoleh ridlonya.

0 Response to "Keikhlasan Dalam Beribadah"

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code