Pengunjung

Pilihan untuk memaksimumkan kesejahteraan

Diposkan oleh Unknown On 11.38

MEMBUAT PILIHAN UNTUK MEMAKSIMUMKAN KESEJAHTERAAN

Karena individu, perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya tidak bias mendapat semua yang mereka inginkan, maka mereka harus membuat pilihan. Pada setiap kegiatannya mereka harus menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah dibuat. Dalam setiap kegiatan ekonomi, yaitu dalam kegiatan memproduksi maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa, setiap pelaku ekonomi harus membuat pilihan-pilihan. Tujuannya adalah agar sumber daya yang tersedia akan digunakan secara efisien dan dapat emwujudkan kesejahteraan yang paling maksimum kepada individu dan masyarakat.


Pilihan dalam Mengkonsumsi

Pada hakikatnya kegitan untuk membuat pilihan dapat dilihat dari dua segi. Dari segi penggunaan sumber-sumber daya yang dimiliki dan dari segi mengkonsumsi barang-barang yang dihasilakan. Setiap individu harus memikirkan cara terbaik dalam menggunakan sumber-sumber daya yang yang dimilikinya. Usaha ini bertujuan untuk memaksimumkan pendapatan yang akan dinikamtinya dengan menggunakan sumber-sumber daya yang dimilikinya tersebut. Seterusnya, dengan pendapatan yang diterima dari penggunaan sumber-sumber daya yang dimilikinya, setiap individu tidak dapat memiliki semua barang yang didinginkannya. Oleh sebab itu sekali lagi mereka harus menentukan pilihan. Persoalan yang harus mereka selesaikan adalah: dengan menggunakan pendapatan mereka, barang-barang apakah yang perlu dibeli dan berapa jumlahnya agar pembelian dan penggunaan barang-barang tersebut akan memberi kepuasan yang maksimum bagi diri dan keluarganya?


Pilihan dalam Memproduksi    

Dalam perekonomian, perusahaan-perusahaan dikembangkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh individu, perusahaan lain dan pemerintah. Pemilik-pemilik perusahaan menjalankan kegiatannya untuk mencari keuntungan, dan keuntungan yang maksimum hanya akan didapt apabila pemilik/pemimpin perusahaan membuat pilihan yang teliti ke atas jenis barang atau jasa yang akan digunakannya. Dalam penjualan barang, para pengusaha akan menentukan tingkat produksi yang memberi keuntungan paling banyak kepada kegiatannya. Sedangkan dalam penggunaan faktor-faktor produksi, yang perlu difikirkan adalah menentukan kombinasi faktor produksi yang akan meminimumkan biaya produksi.
Setiap Negara juga harus menentukan pilihan. Setiap Negara mempunyai banyak tujuan dalam mengatur maupun menjalankan kegiatan ekonomi. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan mantap, mengatasi masalah pengangguran, menaikkan taraf hidup penduduknya, dan menyamaratakan pendapatan adalah beberapa tujuan penting dari kegiatan pemerintah. Sumber-sumber daya yang dpat digunakan pemerintah untuk mencapai tujuan-tujuan ini secara sekaligus telah terbatas. Maka, seperti individu dan perusahaan, pemerintah perlu membuat pilihan-pilihan. Sumber-sumber daya yang tersedia dan dapat digunakannya harus diatur penggunaannya sehingga dapat secara maksimal mencapai tujuan-tujuan dari menjalankan kegiatan ekonominya dan dalam mengatur kegiatan ekonomi individu-individu dan perusahaan-perusahaan.


0 Response to "Pilihan untuk memaksimumkan kesejahteraan"

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code